Bidang-bidang yang Menggunakan Teknologi Informasi

1. Bidang Kesehatan

Berikut ini beberapa aplikasi teknologi informasi untuk mendukung manajemen kesehatan:

a. Rekam medis Berbasis Komputer (Computer Based Patient Record) 
Salah satu tantangan besar dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi di rumah sakit adalah penerapan rekam medis berbasis komputer.


Pengertian rekam medis berbasis komPuter bervarisai, akan tetapi, secara prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam mmanajemen pasien di rumah sakit.

b. Teknologi Nirkabel
Pemanfaatan jaringan computer dalam dunia medis sebenarnya sudah dirilis sejak hampir 40 tahun yang lalu. Pada tahun 1976/1977, University of Vermon Hospital dan Walter Reed Army Hospital mengembangkan local area network (LAN) yang memungkinkan pengguna dapat log on ke berbagai komputer dari satu terminal di nursing station. 



2. Bidang Jasa Konstruksi

Dengan komputer para Insinyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar konstruksi di desain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisi dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

3. Bidang Militer

Dalam Dunia Militer, Peranan IT juga sangat berpengaruh dengan baik . salah satu contoh nya yaitu perang dunia ke dua . Dengan bantuan IT kita dapat melacak musuh dengan Radar atau segala macam jenis nya.

4. Bidang Olahraga

Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olahraga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

5. Bidang Kriminalitas

Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya.

Komentar

Postingan Populer