Tuesday, January 19, 2016
Manfaat internet sangat beraneka ragam bagi kalangan mahasiswa dalam pendidikan. Selain itu, internet juga mempunyai dampak positif serta negatif, tetapi pada zaman yang serba canggih ini, kita perlu mengakses internet untuk menemukan informasi yang baru, contohnya berita, tugas, makalah, artikel dan lainnya. Internet memberikan pengaruh yang sangat besar, tapi internet juga tidak terlepas dari berbagai permasalahan dalam penggunaanya. Sekarang ini, bagi seorang mahasiswa mengakses internet bukan hal yang sulit akan tetapi kita harus sepintar mungkin untuk memanfaatkan internet agar tidak terpengaruh dampak buruknya.



Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi untuk memenuhi kebutuhan kita. Namun, dalam menghubungkan perangkat kita agar bisa terhubung ke internet, tentu perlu dengan mengkoneksikannya ke Wi-Fi, modem, dan lain-lain. Sering kali jika terhubungan ke sebuah router internet, kita sering mendapati low internet speed(internet yang lambat). Padahal sebagai seorang mahasiswa, kita sangat memerlukan internet dengan kualitas jaringan atau kecepatan yang tinggi. Sering kali dalam membuat tugas, kita merasa sangat kecewa dengan koneksi internet yang lambat, padahal sebagai mahasiswa khususnya jurusan Teknik Informatika kita tak  hanya belajar dari dosen, namun yang belum kita pelajari di universitas bisa kita temukan di internet dalam sekejap. Bayangkan saja jika seorang mahasiswa memiliki tugas yang sangat banyak dan apalagi jika tugasnya harus di kumpulkan keesokan hari, tentu akan sangat merepotkan jika menggunakan internet dengan koneksi yang lambat.
Sebagai mahasiswa tentu kita sangat mengidam-idamkan kampus dengan sarana prasarana yang lengkap serta koneksi internet yang bagus. Bukan dengan maksud bergantung pada internet, tetapi dengan adanya internet dapat mempermudah mahasiswa dalam mencari pelajaran yang tidak mereka pelajari di sesi perkuliahan. Menurut saya internet sudah seperti jendela dunia, ungkapan yang biasa di gunakan dalam menggambarkan sebuah buku, namun jika kita hanya mengandalkan internet yang lambat, tentu akan sangat menguras waktu dan tenaga.
Jika kita mengunduh file dengan menggunakan koneksi Wi-fi di kampus, kecepatan yang dihasilkan pada jam perkuliahan berlangsung tidak lebih dari 200kbps, sedangkan pada gedung yang berada di ujung fakultas, malah tidak terjangkau oleh koneksi Wi-fi. Sebaliknya, jika menggunakan Wi-Fi pada malam hari, kecepatan yang di hasilkan lebih cepat dari pada saat jam perkuliahan berlangsung, yaitu sekitar 560kbps+. Tentunya akan lebih bermanfaat jika kita menggunakan koneksi internet pada pagi hingga sore hari, dengan begitu kita bisa mendapatkan referensi tentang apa yang kita pelajari secara lebih cepat, apalagi seperti saya yang berstatus seorang mahasiswa. Bila dibandingkan dengan universitas top di indonesia seperti UI, rasanya kecepatan internet yang kita gunakan masih kurang, karena pada universitas tersebut kecepatan internet yang di hasilkan melebihi 0.986mbps.

Berikut adalah beberapa alasan, kenapa mahasiswa membutuhkan koneksi internet yang cepat.

1.      Tuntutan Tugas
Tentunya untuk membuat tugas kuliah mahasiswa akan jauh lebih mudah jika menemukannya di internet, tidak perlu repot-repot untuk mencari ke perpustakaan, cukup dengan E-Book(Buku elektronik) mahasiswa dapat dengan cepat menyelesaikan tugasnya, apalagi jika deadline tugas-tugas tersebut sudah dekat.

2.      Tutorial
Untuk meningkatkan skill dan kemampuan dalam bidang tertentu, mahasiswa dapat menemukan referensinya dari internet, misalkan mahasiswa IT yang menonjol dibidang desain sedangkan desain tidak di ajarkan dalam perkuliahanya, namun tentu saja kita masih bisa belajar melalu internet.
3.      Pengetahuan
Sebagai mahasiswa yang kreatif tentunya jika ada hal yang belum kita mengerti dalam belajar, kita dapat menemukan jawabannya dari internet. Tentunya bahan-bahan pelajaran dengan format video akan sangat lama dan susah di akses dengan koneksi internet yang lambat.

Alternatif untuk mendapatkan internet cepat adalah dengan menggunakan teknologi jaringan 4G LTE. 4G LTE adalah sebuah standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk aksess data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya. LTE disebut-sebut sebagai jaringan nirkabel tercepat saat ini, sebagai penerus jaringan 3G. LTE bahkan diklaim sebagai jaringan nirkabel yang paling cepat pertumbuhannya. Namun koneksi ini hanya berlaku pada modem atau gadget saja, yang berarti koneksi harus di hubungan terlebih dahulu ke laptop/komputer.
Selain cara tersebut, ada cara yang menurut saya lebih efektif, yaitu dengan menggunakan koneksi dari pihak ke-3, seperti Wi-Fi.Id. sebelumnya dari pihak tersebut sudah memberikan internet berkualitas dengan harga terjangkau melalui penggelaran 100 titik WiFi FlashZone di kampus, namun hanya 100 kampus beruntung yang mendapatkannya. Namun bisa saja kedepanya kampus-kampus lain mendapatkan hal yang sama, sehingga koneksi internet berkecepatan tinggi tidak hanya bisa dinikmati di kampus-kampus tertentu.


Hidup Mahasiswa!! #lebaydikit

0 comments:

Post a Comment

1. No Junk, Sara, Sejenisnya lah.
2. Jgn Spam Sana, Spam sini.
3. Jgn Promosi, Blog, Rumah,Hp, Mobil, Obat2-an, Lain2.
4. Jangan Ngebacot, Ngebacot Di CeBOX Aja.
5. Sempat2lah berkomentar, Gk Pake Captha