Kenapa Memilih Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim?


Ini merupakan artikel ke-4 dari Blog saya semenjak nganggur selama 3 tahun, informasinya cukup menarik nih, artikel kali ini membahas informasi yang penting tentang perkuliahan bagi mahasiswa-mahasiswa baru yang ingin masuk ke Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau(UIN SUSKA). Jadi saya akan membantu kalian semua  yang ingin masuk ke universitas ini, tapi sebelumnya, pikirkan terlebih dahulu tentang prodi/jurusan apa yang kalian minati atau ingin dipelajari, proses tersebut tentu memerlukan pertimbangan dari kalian sendiri dan orang tua, karena jika kalian salah memilih jurusan atau jurusan tersebut tidak sesuai dengan apa yang kalian inginkan, tentunya akan menimbulkan dampak negatif kedepannya
.

    Postingan ini untuk membantu kalian semua memahami universitas ini, serta mengungkap kebenaran dan kesalahan yang biasa kalian dengar dari orang sekitar, universitas ini tidak seperti yang kalian kira, saya akan berusaha meluruskan semua kesalahan yang membuat kalian tidak ingin masuk ke universitas ini.

 Ada yang mengatakan jika mahasiswa baru ingin mendapat beasiswa maka setidaknya ia harus menghafal 4+ jus Al-Quran?

    Jawab : Beasiswa di UIN SUSKA sangat banyak, Mulai dari Dikti, bidikmisi sampai dengan instansi external kampus, awalnya saja saya sampai tidak bisa menentukan beasiswa mana yang akan saya ikuti. 

Yang dimaksud disini ialah, jika seorang mahasiswa baru ingin mendapatkan beasiswa, ia tidak harus menghafal 4+ jus Al-Qur’an, di karenakan syarat pada beberapa beasiswa tidak ada yang menetapkan standar seorang penerima beasiswa (scholarship) harus menghafal 4+ jus, karena di beberapa beasiswa hanya bersyarat jumlah gaji orangtua, indeks prestasi (IP), dan beberapa berkas lainya. contohnya: beasiswa bidikmisi, beasiswa bidikmisi yang ada di universitas ini hampir sama dengan yang berada di sekolah kita, yaitu untuk membantu para mahasiswa/calon mahasiswa baru yang kurang mampu dalam membayar UKTnya, dan beasiswa ini mempunyai persyaratan serta prosedur seperti pada beasiswa bidikmisi di SMA.

     Jadi, tidak ada beasiswa bagi para Hafiz Al-Quraan?

    Jawab : Tentu saja ada, dan universitas akan senang hati memberikan beasiswa pada mahasiswa atau calon mahasiswa yang hafal Al-Qur’an, sebagai universitas yang berdasarkan nilai keislaman, UIN SUSKA  mendukung sepenuhnya program ini, jadi kalian yang mulai atau sudah menghafal lebih dari 4+ juz, dapat bernafas lega jika tidak mempunyai dana untuk kuliah, tentu saja nilai dan perhitunganya tergantung kepada berapa juz yang kalian hafal.

    Syarat wisuda tugas akhir itu menghafal setidaknya satu juz Al-Quraan, juz ke 30?

    Jawab : Itu menyesuaikan, setau saya menghafal Juz Al-Qur’an terdapat pada syarat tugas akhir tertentu, dan yang saya dengar dari para senior, jurusan keagamaan lah yang biasanya mendapat syarat seperti ini.

Tentang akreditasi di UIN SUSKA?

    Akreditasi yang kalian lihat sekarang yang berada di situs resmi UIN SUSKA telah mengalami perkembangan, contohnya saja prodi HUKUM yang mempunyai akreditas B sekarang sudah berakreditasi A. Untuk jurusan yang saya ambil yaitu jurusan Teknik Informatika sedang dalam proses ke akreditas A, Jurusan Teknik Informatika di UIN juga merupakan Jurusan Teknik Informatika terbaik di Pulau Sumatera. Dan yang perlu kalian tahu, suasana belajar di UIN SUSKA sangat kondusif dan mempunyai feedback yang baik antara dosen dengan mahasiswa.

Seminar dan Pelatihan?

    Mungkin bagi kalian yang suka mengikuti seminar untuk mendapatkan sertifikat, disini kalian bisa menemukan seminar hampir tiap hari. Dan hal pertama yang akan kalian lihat adalah banner seminar, bahkan ketika pertama kali seminar, saya bisa menghadiri 1-2 seminar tiap hari, tergantung jadwal sih. Dan biasanya seminar disesuaikan dengan kantong mahasiswa, jadi gak akan memeberatkanlah.

Bagaimana cara saya agar bisa masuk ke UIN SUSKA?
    kalian hanya perlu mendaftarkan diri melalui jalur PBUD, SBMPTN, SNMPTN, dan Undangan Mandiri.  Jika kalian dinyatakan lulus, dengan senang hati saya akan membantu kalian untuk dapat mendaftar ulang dan menlengkapi semua persyaratan, saya melakukan semua dengan ikhlas, karena dari pengalaman saya, sangat sulit jika tidak mempunyai tempat bertanya bagi mahasiswa baru, apalagi untuk mendapatkan informasi yang jelas. Silahkan hubungi saya, jika kalian ingin bertanya atau memerlukan bantuan.

 Jurusan dan Fakultas
 Silahkan di cek disini.


 Jalur Masuk
 Silahkan di cek disini.

 
Nah, mungkin hanya itu yang sering saya dengar dari beberapa orang yang bertanya ke saya, jika kalian mempunyai pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar, atau silahkan klik tab “ABOUT ME” untuk menghubungi saya. Saya akan dengan senang hati membantu bagi kalian yang ingin masuk, atau yang sudah lulus ingin melakukan registrasi melalui jalur snmptn, sbmptn atau jalur-jalur lain.

Komentar

Postingan Populer